About Me

Guestbook (Click)

Popular Posts

Archives

Followers

Capture recording Sound & Video for game

Ide :
  • Ingin merekam musik dari computer langsung ke file
  • Merekam suara musik dari game
  • Ingin membuat aksi video dan audio game ke video
  • Merekam video 3D gaming dan audio secara realtime tanpa proses dubbing
Tekniknya ternyata mudah, dengan fungsi Stereo Mix
Game dibuat oleh orang orang kreatif, melibatkan banyak insinyur, disainer sampai komposer. Tidak heran sebuah game begitu menarik, baik lagu dan aksi karakter didalam permainan.
Bagaimana kita dapat merekam sebuah musik atau potongan musik. Atau merekam sebuah aksi dari permainan anda, termasuk merekam suara untuk dijadikan video yang lengkap. Lalu menyimpannya menjadi file video, mungkin juga anda cukup tertarik mengupload aksi anda ke situs video seperti Youtube.
Pada sistem Windows sebenarnya sudah ada option tersebut, tetapi belum banyak yang mencoba. Banyak gamer melakukan dengan teknik dubbing, dan melakukan proses selanjutnya pada software editing. Teknik tersebut cukup repot, karena harus menyesuaikan posisi suara dan aksi game serta pekerjaan yang dilakukan melalui 2 langkah
Salah satu fitur dari sistem input suara Windows disebut Stereo Mix. Fungsi Stereo Mix adalah mengabungkan semua suara yang ada didalam computer untuk di output menjadi satu. Ketika anda ingin mengambil lagu dari suara computer, apakah dari suara game, film DVD, kaset, radio dan lainnya. Semua suara yang ada pada computer dapat direkam secara bersamaan.
Untuk merekam suara.
Langkah awal, aktifkan fitur Stereo Mix dibawah ini. Pilihan dapat diaktifkan dengan memilih :
  • Master Volume pada Windows dan pilih Properties
  • Pada bagian Audio Input, pilih 1 saja yaitu Stereo Mix.
Dengan mengaktifkan Stereo Mix -> Semua suara yang ada pada computer dapat direkam oleh software recording. Misalnya Windows Recording , software CoolEdit , SoundForce Audio dan lainnya. Asalkan software memiliki pilihan untuk merekam / recording
Contoh dibawah ini, dengan software Cooledit (software audio editor). Secara realtime dapat merekam semua suara pada computer, seperti suara yang sedang dikeluarkan oleh game secara realtime diambil oleh software Cooledit tanpa melalui input via microphone atau line-in.

Atau untuk merekam suara dari Video yang ditampilkan via Browser. Juga dapat direkam oleh software audio. Misalnya suara dari DVD, video flash player dan lainnya dapat direkam secara langsung.
Mengabungkan gambar Video Game 3D dan suara
Bagaimana untuk merekam aksi permainan anda bersama dengan suara game ketika anda memainkan game aksi.
Untuk mengabungkan video dan audio untuk gaming. Dapat dibantu dengan software Fraps untuk merekam aksi pada game. Software Fraps memiliki fungsi untuk merekam video dari sebuah game 3D. Dengan mengaktifkan fitur Stereo Mix maka sistem suara dapat direkam oleh software Fraps.
Untuk mengaktifkan suara plus video, cukup mengclick tambahan pilihan pada software untuk ikut memasukan suara dari permainan game. Hasilnya Video yang di capture oleh software Fraps juga menambahkan suara ketika game dimainkan

Teknik ini sederhana, tetapi tidak semua soundcard memilih option Stereo Mix. Dan hanya sound card internal yang dapat melakukan recording via stereo mix.
Sound card USB tidak memiliki fitur Stereo Mix, karena input suara hanya diterima oleh Microphone saja.
(sumber : obengware.com)

Leave a Reply